PS yang unggul, terpercaya dan diakui

Home » Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Yang dimaksud dengan RPL adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja di dalam sektor pendidikan maupun sektor lainnya. Program PPI IPB melalui RPL terbuka untuk para lulusan sarjana teknik atau terapan teknik yang dinilai telah cukup memiliki pengalaman praktik keinsinyuran (lebih dari 2 tahun) atau untuk para lulusan sarjana sains dan sarjana pendidikan teknik yang telah memenuhi persyaratan penyetaraan (setara dengan praktik keinsinyuran 3 tahun) dan pengalaman praktik keinsinyuran yang memadai (lebih dari 2 tahun). RPL dilakukan melalui penilaian dan pengakuan portofolio peserta terhadap persyaratan satuan kredit semester (SKS) yang telah ditetapkan oleh PPI IPB. Kekurangan kredit selanjutnya dipenuhi melalui pelaksanaan kurikulum PPI IPB. Pembelajaran pada program RPL dilaksanakan dalam waktu 1 semester.  Proses pembelajaran, asesmen dan persyaratan kelulusan pada dasarnya sama dengan proses dan persyaratan pada program reguler.

Persyaratan:

  1. Sehat jasmani, rohani, bebas narkotika, psikotropika dan zat adiktif
  2. Telah lulus pendidikan akademik sarjana bidang teknik atau sarjana terapan bidang teknik dan memiliki pengalaman kerja praktik keinsinyuran lebih dari 2 (dua) tahun yang dibuktikan dengan surat pernyataan dari institusi tempat kerja.
  3. Untuk sarjana sains dan pendidikan teknik, telah melalui program penyetaraan sarjana bidang teknik atau sarjana terapan bidang teknik dan memiliki pengalaman kerja praktik keinsinyuran 5 (lima) tahun yang dibuktikan dengan surat pernyataan dari institusi tempat kerja.

Calon peserta wajib melengkapi formulir di laman https://ppi.admisi.ipb.ac.id dan mengunggah beberapa dokumen, yaitu:

  1. Ijazah Pendidikan S1 dan S2/S3 (jika ada). Ijazah dari perguruan tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kemenristekdikti.
  2. Transkrip pendidikan S1 dan S2/S3 (jika ada).
  3. Surat kesanggupan membayar biaya pendidikan. Form Kesediaan Menanggung Biaya dapat diunduh di sini.
  4. Surat ijin pimpinan bila bekerja. Formulir Pernyataan Izin Belajar dapat diunduh di sini.
  5. Surat rekomendasi. Formulir dapat diunduh di sini.
  6. Pas foto terbaru latar belakang putih dengan ketentuan pakaian Pria: Jas warna gelap & berdasi; Wanita: jas/blazer warna gelap & jilbab (bagi yang menggunakan) warna terang.
  7. Portofolio praktik keinsinyuran sesuai dengan Form Aplikasi Insinyur dapat diunduh di sini.

Comments are closed.